LIRA

Pengelolaan Dana Bos Tidak Transparan, LIRA Minta Polres Agara Sidik Kepsek SDN 1 Tualang

Laporan: Admin
17 April 2024 | 16:30 WIB
Share:
Bupati LIRA  Agara, M Saleh Selian

ACEH - Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tualang Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Zainul Amar, diduga menyelewengkan dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS) tahun 2023. Dugaan ini muncul karena tidak ada transparansi dalam pengelolaan dana bantuan pemerintah tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati LIRA  Agara, M Saleh Selian kepada Posmetromedan.com pada Selasa (16/4/2024).

Sesuai peruntukannya, Dana BOS dapat dipergunakan untuk berbagai hal seperti membiayai berbagai kebutuhan sekolah seperti pembelian buku-buku pelajaran, pembayaran gaji guru, biaya operasional serta biaya kegiatan ekstrakurikuler.

Meski begitu, penggunaan dana BOS harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dan penggunaan dana BOS harus diinformasikan secara transparan dan akuntabel.

Sumber dana BOS diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN dengan besaran dana BOS yang berbeda tergantung jenis dan jenjang pendidikan.

Ketidak-transparan Zainul Amar selaku Kepala sekolah dalam penggunaan dana BOS tahun 2023, LIRA Agara menduga telah terjadi indikasi penyelewengan.

Atas dugaan awal yang mengarah dapat merugikan negara, LIRA meminta agar pihak Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Agara untuk segera menon-aktifkan atau mencopot kepala SDN 1 Tualang.

M Saleh Selian juga meminta aparat penegah hukum (APH) untuk segera menyelidiki atau mengaudit dana BOS tahun 2023 yang dikelola SDN 1 Tualang.

Terpisah, Posmetro mencoba meminta tanggapan Kepala Sekolah SDN 1 Tualang, Zainul Amar, atas dugaan penggunaan dana BOS yang dianggap tidak transparan, Selasa (16/4/2024).(*)

 

 

 

Artikel ini telah tayang di: posmetromedan.com

Share:
MARS LIRA
AGENDA
30 Agustus 2024
09:00 WIB
RAKERNAS II LIRA
Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Jl. Jend Sudirman Kav.86
FEED INSTAGRAM
FACEBOOK PAGE